Tuesday, November 25, 2014

The day i never forget

Hampiir 3 taun (yes, 3 tauun!) Blog ini dianggurin. And yes, many things happen in 3 years. Menikah, lanjut studi ke Bandung, hamil di saat nyusun tesis, melahirkan pake drama, and noow, we're back.

Fiuuh.

Cerita tentang drama melahirkan emang ga ada habisnya. Every babies have a unique story. And so was she.
She, we named her SHAFANA ZALIKA AQEELA.


Bayi dengan berat lahir 4,02 kg dan panjang 53cm.
Besar dan panjang ya? Iya emang. Entah mamaknya makan apa selama hamil. Kalo kata orang sih bayi ini 'ketuaan' karena lahir lewat due date. h + 4 hari. Makanya jadi bongsor banget. Atau bisa juga karena selama hamil mamaknya makan udah kaya kuli panggul yang lembur seharian dan belom makan dari dua hari lalu. Kemaruk. 
Bayangin aja, dari berat sebelum hamil 53 sampe berat sesaat sebelum melahirkan 73. Naek 20 kg aja gituloh... (hikkss..meratapi timbangan yang tak juga beranjak ke kirii..)

Balik ke cerita si bayik lahir yuk. Jadi pas due date ini bayi belum ada tanda2 mau keluar, Karena merasa kalo belom saatnya keluar yaa ga usah dipaksa, aku santai2 aja lah yaa. Memang maunya alami aja, semau si bayik kapan keluarnya. Masih sempet juga ke kawinan sodara dalam keadaan hamil super gede (dibilang super gede karena semua sodara udah pada ngeri liat perutsaya yg segede balon udara). Besoknya abis kawinan pun sempet ke mayestik beli bahan. Naah hari rabu pagi baru mulai ngerasa mules2. Tapi dikiiittt bgt. Yaudah lah yaa, masih santaaiii wee lah. Tetep rutin jalan pagi, gym ball (gaya doang sih ini, lebih banyak dibuat senderan kaki aja dibanding buat olah raga), ikut senam hamil di rs, sambil banyak berdoa. 
Kamisnya masih kontraksi dikit2, belum ada tanda2 lainnya. Jadi mikirnya juga yaudah lah, si dedek masi malu2 kali. Sempet check up di bidan, katanya posisi oke buat lahiran normal, kepala udah masuk tp belum ngonci. Masih optimis lah bisa normal. Sempet bilang juga sama suami minta ditemenin besok (jumat) di rumah takut ada apa2.
Jumat dini hari, sekitar jam 3an (kondisi masih terjaga ga bisa tidur) serasa ada air yang keluar tiba2 dan ga bisa terkontrol. Seerrr.. gituu.
Masih ga mikir apa2 ( disinilah oon nya sayah). Agak pagi saya masih nyempetin jalan pagi sambil dituntun suami. Masih sempet leha2 dirumah nonton gosip. Sambil lalu cerita sama si mamah kalo tadi malem itu kaya ada air keluar gitu, itu apa ya mah... Ehh tau2 si mamah rada kaget n panik. "eeh, ketuban ituuu!!! ayoo berangkat ke hermina (rs langganan saya). Akhirnya karena kepanikan si mamah berangkat lah kita (saya, suami dan mamah) ke hermina. Sengaja ga bawa tas melahirkan (yang isinya baju ganti dll sebagai persiapan nginep abis lahiran) karena mikirnya cuma akan check up biasa. Di hermina pun saya masih ketawa ketiwi sm si mamah. Sampe ketika selesai diperiksa suster bilang ketuban saya udah tinggal sedikit, jarak dari ketuban pecahnya udah 6 jam lewat (jam 9.45 waktu diperiksa), pembukaan cuma 1,5 dan ga maju2 jadi ga ad dokter yang berani persalinan normal. Harus cesar.
Rasanya kaya bumi gonjang ganjing (eh, gatot kaca kalii ahh) waktu denger itu. Saya mewek semewek2nya. segala teori yang saya baca, excercise yg saya jalanin buat kelahiran normal langsung bubaarr blass. Saya shock n cuma bisa bengong abis denger berita itu. Sampe pas ganti baju operasi, didorong ke ruang goperasi n dibius lokal saya masih bengong melongo. Untungnya dokter yang ngbiusnya ramaah banget n ngajak ngobrol, jadi saya agak rileks dan ga tegang. Akhirnya saya pasrah aja badan saya entahlah diapain sama dokter n suster2 ini. Sambil teler2 n sekalian bobo2 cantik (antara nge-fly plus ngantuk karena malem sebelumnya begadang boo) tiba2 si dokter operasi nya bilang "Ya Amppuuunn buu!! Bayinya gedeee banget!!"
-______________________________________________-

Zooonk bgt ga sih loo!!!

Sempet2nya tu dokter ngomentarin bayi guweeh di saat gw lg nge-fly gini

Akhirnya karena seruan si dokter kembalilah saya ke dunia nyata dan baru mikir "eh, gw lagi lahiran ya? lagi dioperasi yaa??"
Dan tiba-tiba terdengarlah tangisan bayi. Selesai dibersihkan si bayi didekatkan ke saya.
And there she is. My beautiful baby girl. When i looked into her eyes, i know i'm gonna love her more than everyone could ever be.
Si bayi pun didekatkan untuk dikecup saya dan didekapkan ke dada untuk IMD (Inisiasi Menyusui Dini) walaupun cuma beberapa detik..
Ketika si bayi akhirnya diambil, maka saya pun kembali terlelap (iya, terlelap. kebo ya? ah biarin deh.  Ngantuk pisan soalnya. haha)
Saat sadar saya udah didorong kembali ke ruang pemulihan dimana suami, mama dan beberapa saudara sudah menunggu. 

her first bracelet :p

turis jepang nyasar ini sih..

Memang sempat menyesal karena tidak bisa melahirkan dengan proses normal, but at the end what most important is the baby. Alhamdulillah saya melahirkan bayi yang sehat, cantik dan tidak kurang satu apapun. Tidak perlu merasa gagal menjadi ibu karena tidak melahirkan anak saya melalui persalinan normal. Perjuangan melahirkan tetaplah perjuangan, meski berbeda prosesnya.
Keep fighting moms, karena perjuangan sebenarnya baru dimulai dari sekarang.








No comments: