Wednesday, February 16, 2011

Only just a sketch

Masi belom jelas gedungnya. Masi belum pasti cateringnya.
Daripada pusing ga jelas2 melulu, aakhirnya saya sama mama bagi tugas aja. Gedung n catering semua kuasa beliau, saya cuman kebagian ngurus baju (which is i would loooove to do it)
Jadilah saya berlanjut ngurusin baju dulu. Udah googling sana sini, beli majalah wedding semua merk mulai dari 2 taun belakangan. Daaan, kemaren udah hunting bahan di mayestik. Yeaa, where else can i go?.
Mulai ngonsepin buat dress lamaran, dengan color theme nya silver baby pink. Desainnya dibuat se simple mungkin, kaya gini;
Bagian bahu dan lengan bawah dipake lace silver dengan detail mutiara n swarovski.
Bahannya belom sempet difoto, udah dioper duluan ke penjahit ku. Nanti aja sekalian posting kalo udah jadi ya..

Berikutnya buat akad;
Untuk akad saya tadinya mau bikin sendiri, ga pake designer2 lain lah. Karna mahalita pastinya... Naah tapi oh tetapii... kemaren beli bahan akad, resepsi tuh di mayestik & si mamah iseng ngajak masuk ke toko Silk Route mau konsultasi desain (doang) ceritanya. ketemulah kami sama si mbak kemayu dan kalem ini. Sebut saja si N. Ngobrol2 pertama si mbak nanya mau desain gimana bahannya kaya apa. She's nice, really. Dan sampailah kami pada pembicaraan biaya. Doengdoeenngggg!!!!! Shock bin terkejutlah sayah!!
Emang sih ya, ga ada yang bilang kalo bikin baju sama desainer itu murah. Tapiiii kaann sayang bangettt duit segitu dipake cuman buat baju yang gw juga bisaaaaa bikiiin kaya gituuuhhhh!! Dan itu dipake sejaman doang!
Saya cuman bisa nyengir kuda wakt mbak manis nan baik hati itu dengan tenangnya menyebutkan sejumlah rupiah. Dan tadinya saya pikir mama juga sependapat sama saya, untuk ga buang2 duit buat hal yang bisa diirit. Tetapiiiih sodara2, whyy, oh whyyy on earth my mom nodding her head and say yes???!!
Oemji mom!! mending eike pake tuh duit buat daftar sekolah lagi dehh!!

Dan dengan setengah shock saya akhirnya diukur dan kembali menjelaskan konsep detail baju akad itu.
Jadi saya mau buat model kebaya semi gown gitu bawahnya. Naah kebetulan liat di majalah ada yg agak mirip ma konsep saya dan saya tunjukin majalah itu buat gambaran visualnya si mbak. Pengalaman ma tukang jait sih kalo ga dijelasin sedetail2nya dan ga ada gambar visualnya, mereka suka bikin seenak jidatnya.
Ini gambarnya
Naah pas nunjukkin gambar visual di majalah itu, mbaknya berkomentar "oohh, ini one piece yaa"
Hahh??!!! padahal sebelumnya saya sama mama sudah berdiskusi dan sepakat bahwa ternyata gambar di majalah itu two pieces. For your info, my mom has almost her life in fashion designing, so don't u ever doubt her...
Dan karna memang terlihat jelas perbedaan warna brokat antara top and the bottom. Saya sudah berusaha menerangkan kalo itu two pieces. Dari nada suara pelan dan tenang berubah ke nada sabar tapi senyum mulai memudar sampe ke ekspresi frustasi karna si mbak baik hati nan lembut itu tetep ngotot kalo itu one pieces!!! OOOH MY GOD!
It's maybe simple, but it really irritating me.
You may underestimate my knowledge in fashion but don't undesestimate my mom, girl..
Sumpah ya si mbak itu ngotot banget kalo itu one piece
Walopun udah ditunjukkin dua gambar di majalah berbeda, yang satu lagi di majalah lain baju itu dipake fashion show daaaaan dengan bawahan berbeda dari majalah yang saya pegang!!!!! Kan harusnya udah jelas kalo itu bisa dipisah (two pieces)
Padahaaaaal logikanya kalo dress se megar itu (roknya hampir menyerupai ball gown), mana mungkin ada bahan yang mencukupi untuk bikin atas DAN bawah, sedangkan ukuran bahan standar itu aja lebarnya 150cm. Well i wonder where did she's studied actually...
Rasanya jadi nyesel bikin baju mahal2 di orang yang gak ngerti (tapi ngotot) designing kaya gitu.... :(


Daaannn last but not least is resepsiiiiii.............

Baju resepsi ini karna ternyata diwajibkan pake adat Palembang (titah ibu suri bo..) padahal awalnya gapapa cuman pake adat sunda (bokap). Tapi ternyata si mamah gak rela anak perempuan satu2nya ga nikah pake adat beliau :p
Jadi bajunya bukan kebayaan tapi mirip baju kurung gitu. Bahan utamanya Jim Thompson, tampilannya kaya tafeta sutra cuman dia lebih ga mengkilap dan seratnya lebih terlihat sedikit dan dengan tambahan detail brokat motif warna emas krem.

Untuk beskap juga pake jim thompson warna senada, krem emas. Dan karna pake adat palembang yang bakal dipakein perhiasan2 dan aksentuasi di bahu, jadi atasannya saya buat sesimple mungkin, soalnya pasti udah mewah sama perhiasan ala palembangnya.
Tapi emang naluri artis yaa buu, ga rela kalo bajunya gak hebooh. Jadilah bawahnya saya bikin tambahan full motif dari brokat dan belakangnya nanti mau saya bordir kerancang dan gak lupa ditaburi swarovski. Bwuahahahhahaaha. Biarin deh kata mama mau kayak dangdutan ato apa....

8 comments:

ochie said...

hai sari..
Gue juga baju untuk akad nikah gue desain sendiri, sampe urusan detail-detail kayak swarovski2, segala jenis batu permata, dan segala jenis payet2nya gue yang beli sendiri semuanya.. Dan untuk urusan jaitnya gue jaitin ke penjait skalian proses perpayetanya..

thejourneyofasillygirl said...

sari.. kamu nikahnya oktober juga toh? tau kamu bisa gambar, aku minta bikinin design aja yah, udh gitu jait di penjahit biasa.. heuheu..

btw, i'm a fashion dummy, but i can tell, that third pic is a two-piece.. ;D

Amelia Sari said...

@ochie: iya, menurutku lebih eksklusif an bikin sendiri dr pd nyewa yaa

@ana: aawww finally someone on my side!! Yeaayy :D *jadipengengaruk2tanahingetkejadian itu
Iya aku oktober! Heheh, samakah kita??

thejourneyofasillygirl said...

yes! samaan kita, tapi aku duluan kayanya.. hihii..

eniveeii.. naksir berat deh sama foto terakir.. itu brokat apa jim thompson say?

ningnung said...

sari, kalo mbak2nya meragukan ya jangan jadi dipake atuh.. ato udah DP?
aku cinta deh ama yg gambar paling atas.. simply nicely :)

Unknown said...

sari mau nikah tahun ini ya??
selamat sibuk persiapan nikah ya.. aku doain sukses acaranya..^^

aku suka desain kebayanya yg buat akad.. :D

Nenny Kartowardoyo said...

salam kenal ya...sama dunk ma aku rencana nikah di bulan oktober juga (klo ngga diundur ma di majuin)hehehe...
bagus bgd desainna....jadi pengen desain sendiri...tapi pa bisa ya???

Amelia Sari said...

@ningnung: udah depe :'(( let's hope the dress is worth the money :p

@Saga Amelia: iya, hihihi *blushing
makasiiih ya doanyaaa :))

@Nenny: salam kenal jugaa :) waah, sama dong kita, aku jg tadinya mau dimundurin stlh idul adha, tapi maksa oktober (kebelet kali yeee :D )
Desain sendiri aja say, gampang kooo. Liat2 aj desain di majalah terus di modifikasi sesuai keinginan sendiri deeeh. Kalo desain sendiri kan lebih ekslusif ;)